Saturday 24 January 2015

RESEP BOLU KUKUS MEKAR MUDAH DAN SIMPLE

Cara Membuat Bolu Kukus Mekar dengan Resep Mudah

Bolu adalah salah satu jenis kue yang memiliki tekstur lembut, karena tekstur seperti itu adalah identitas segala jenis kue bolu. dengan rasa dan aroma yang menggoda membuat banyak sekali yang menyukai bolu terutama yang dikukus. apalagi dengan tekstur yang lembut dan rasa manis yang tidak begitu mencolok, hal ini membuat bolu kukus sangat ramah ketika lidah menikmatinya. jadi hal hal tersebut yang menjadi alasan cake cup ini memiliki banyak sekali fans yang memburunya.
Di Indonesia sendiri bolu kreasi cup ini sering di jadikan andalan sesuguh saat momen besar misalkan hajat pernikahan. tentusaja karna suguhan dengan sekala besar, pihak terkait biasanya membeli di toko. namun bagaimana jika ingin menyuguhkan bolu kukus pada hari hari biasa untuk keluarga ? jawabannya adalah membuat bolu kukus sendiri.

Membuat cake cup kukus tentu tidak sesulit yang difikirkan, namun tidak semudah merebus air untuk bikin kopi. pada dasarnya pengetahun dan pengalaman yang akan membantu kita melakukan apapun dengan maksimal, tidak terkecuali saat membuat bolu kukus, jadi bagi para bintang dapur kurang berpengalaman membuat bolu kukus yang propesional, silahkan pelajari panduan dan cara pembuatannya dibawah.

             Cara Membuat Bolu Kukus Mekar dengan Resep Mudah
       BAHAN
  1. tepung terigu 300 gram yang berprotein
  2. gula putih kurang lebih 250 gram
  3. 4 butir telor, antara putih dan kuning, kedua bagian tersebut dipisahkan
  4. soda kue dengan banyak setengah sdt
  5. vanila 1/2 sendok teh
  6. air soda tawar = 175 cc (gunakan yang masih baru)
  7. pewarna coklat/pasta coklat
  8. 1 sdm coklat bubuk sebanyak 1/4 sdt
  9. Paper cup/kertas minyak/kertas roti untuk alas cetakan
Cara bolu kukus agar mekar
  1. Kocok telur bersama vanila dan gula putih hingga kental juga mengembang. selanjutnya masukkan/tambahkan secara bergantian. 1/2 bagian air soda, 1/2 bagian tepung. begitu seterusnya sampai bahan tersebut habis. lalu aduk agar tercampur rata menjadi satu.
  2. Ambil adonan sebanyak 5 sdm , tidak kurang dari segitu. kemudian tambahkan coklat bubuk dan pewarna coklat lalu aduk lagi sampai rata
  3. Siapkan cetakan sebanyak 20 lalu beri alas dengan kertas bolu. selanjutnya masukkan ke dalam panci kukus yang airnya sedang mendidih alias ngagolak bulukbuk bulukbuk.
  4. Tuang adonan ke dalam cetakan sampai hampir penuh. baru selanjutnya tambahkan setengah sdt adonan bolu yang diberi pewarna coklat dan coklat bubuk. Lakukan cara berikut hingga adonan habis tanpa sisa.
  5. Jika semua cetakan sudah terisi dg adonan, maka tutup panci tersebut. pengukusan usahakan dengan api besar agar adonan matang menyeluruh bahkan dibagian dalamnya.
  6. sedangkan waktu yang diperlukan untuk mengukus, sekurang kurangnya 20 menit
  7. jika adonan sudah mengembang, tandanya sudah matang. jika bunda belum yakin, bisa cek kematangan menggunakan lidi (jangan yang kotor) caranya, tusuk kue bolu lalu angkat lagi lidi tersebut. jika bolu tidak menempel pada lidi, artinya bolu sudah matang sempurna, silahkan diangkat
  8. istirahatkan kue bolu yang sudah matang dikukus. jika sudah dingin, keluarkan dari cetakan.
  9. Itulah resep bolu kukus beserta cara pembuatannya. nah mudah-mudahan post ini memberi manfaat.
Itulah resep bolu kukus dan jangan lupa di peraktekan

No comments:

Post a Comment